10 Penyebab Stroke Menyerang

brm

Admin

BRM

Rabu, 15 Mei 2019 11:25:57

Stroke adalah salah satu penyakit paling mengkhawatirkan di dunia. Sebelum dia diidentikkan dengan orang tua, tetapi sekarang siapa pun bisa menderita stroke.

Apa itu stroke? Stroke adalah penyakit yang menyerang otak. Stroke terjadi ketika aliran darah dari otak tersumbat, bisa juga karena pendarahan di dalam atau di sekitar otak. Penyebabnya adalah pembuluh darah yang mengeras, menyempit atau tersumbat.

Lihat Juga : Nutrinext Kapsul

10 Penyebab Stroke


Stroke bisa berakibat fatal dan melumpuhkan korban. Namun sebenarnya 90 persen pemicu stroke adalah gaya hidp yang salah. Berikut adalah 10 penyebab utama menurut para ahli dari McMaster University di Ontario, Kanada.

1. Tekanan darah tinggi

Lebih dari tiga juta orang Amerika didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, dengan rata-rata lebih dari 140/90. Kondisi kronis yang menyebabkan darah menekan dinding arteri. Mengurangi tekanan darah juga berarti mengurangi risiko stroke hingga 48 persen dan dapat dilakukan dengan mengurangi asupan garam.


2. Kurang olahraga

Risiko stroke dapat menurun hingga 36 persen jika orang rajin berolahraga atau beraktivitas fisik. Tidak perlu melakukan latihan berat, cukup berjalan 30 menit tiga kali seminggu.


3. Makanan tidak sehat

Makan makanan sehat akan mengurangi risiko stroke hingga 19 persen. Pilih makanan yang mengandung lebih banyak serat dan kurangi makanan berlemak atau manis.


4. Obesitas

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa obesitas telah berdampak pada kesehatan jantung jutaan orang. Sekitar 2,1 miliar orang di dunia mengalami obesitas.

Lihat Juga : Nutrinext

5. merokok

Berhenti merokok akan mengurangi risiko stroke hingga 12 persen. Merokok dapat merusak bagian dalam pembuluh darah dan menyebabkan lemak menumpuk, yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.


6. penyakit jantung

Ada dua jenis hit. Stroke iskemik disebabkan oleh pembekuan darah dan menjadi 85 persen pemicu stroke. Sisanya adalah stroke hemoragik, yang disebabkan oleh pendarahan di otak. Kesehatan jantung adalah salah satu kunci untuk mengurangi risiko stroke hingga 9 persen.

Lihat Juga : Obat Stroke

7. diabetes

Risiko penderita diabetes menderita stroke lebih besar karena lebih mudah mengalami pembekuan darah. Menghindari diabetes juga berarti menghindari stroke hingga 4 persen dan metodenya, tentu saja, mengurangi makanan manis.


8. Minuman beralkohol.

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah seseorang, yang juga menyebabkan timbulnya diabetes dan hipertensi yang dapat menyebabkan stroke. Mengurangi minuman beralkohol mengurangi risiko stroke hingga 6 persen.


9. Stres

Hindari stres dan depresi karena dapat menyebabkan stroke, terutama untuk orang tua. Stres dapat membuat orang menjalani gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan malas bergerak. Menghindari stres dapat mengurangi risiko stroke hingga 6 persen.


10. kolesterol

Kadar kolesterol darah tinggi dapat menyebabkan dislipidemia, penyumbatan pembuluh darah, menghambat aliran darah ke dan dari jantung, dan menyebabkan stroke. Mengurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi dapat mengurangi risiko stroke hingga 27 persen.

Reply


Silahkan login terlebih dahulu